Edmodo untuk Pembelajaran 4.0


Edmodo untuk Pembelajaran 4.0

Edmodo
Edmodo merupakan platform pembelajaran berbasis jejaring sosial untuk guru, peserta didik sekaligus orang tua peserta didik yang mengutamakan privasi peserta didik. Pada Edmodo, baik guru maupun peserta didik dapat saling berbagi catatan, tautan, pesan bahkan dokumen atau modul yang terkait dengan pembelajaran. Selain itu, edmodo juga memungkinkan guru juga untuk mengirimkan tugas/ kuis/ materi pembelajaran dalam jangka waktu yang dapat di lihat semua anggotanya. 
Edmodo pertama kali dikembangkan pada akhir tahun 2008 oleh Nic Borg dan Jeff O’hara dan Edmodo sendiri bisa dibilang merupakan program e-learning yang menerapkan sistem pembelajaran yang mudah, efisien sekaligus lebih menyenangkan. Edmodo menjadi salah satu jaringan sosial yang paling cepat berkembang di tahun 2011 awal, terbukti dengan adanya sekitar 1 juta pengguna di dalamnya. Hanya beberapa bulan kemudian, pengguna bertambah menjadi 7 juta orang dan akhirnya pada tahun 2015, terdapat 50 juta pengguna Edmodo yang berasal dari berbagai belahan dunia. Pada bulan Maret di tahun yang sama, Noodle menyebut Edmodo sebagai salah satu "32 Alat Pendidikan Daring Paling Inovatif".
Manfaat Edmodo untuk Pembelajaran
Edmodo merupakan wahana komunikasi dan diskusi yang sangat efiesien untuk para guru dan peserta didik dan orang tua peserta didik. Dengan Edmodo, peserta didik satu dengan peserta didik lainnya dapat dengan mudah berinteraksi dan berdiskusi dengan pantauan langsung dari gurunya.
Selain mempermudah komunikasi antara guru, peserta didik sekaligus orang tua peserta didik, Edmodo juga sebagai sarana yang tepat untuk ujian, pemberian tugas ataupun quiz, bahkan komunikasi antara guru dan peserta didik. Disini, guru dapat memberikan bahan ajar seperti pertanyaan, foto, video pembelajaran kepada peserta didik dengan mudah dan effisien. Selain itu, peserta didik juga dapat mengunduh bahan ajar tersebut. Dengan adanya Edmodo, orang tua peserta didikpun dapat memantau kegiatan belajar anaknya dengan mudah. Aplikasi inipun mempermudah guru dalam memberikan soal dari mana saja dan kapan saja.
Ada 8 fitur-fitur yang terdapat dalam Edmodo
1. Polling
Polling adalah salah satu fitur dalam Edmodo yang hanya dapat di gunakan oleh guru. Fitur ini biasanya di gunakan oleh guru untuk mengetahui tanggapan peserta didik mengenai sesuatu hal tertentu. Fitur Edmodo yang satu ini merupakan cara yang sangat baik dan cepat untuk mendapatkan tanggapan dari sebuah event yang baru saja terjadi, tugas, dan sebagainya. Polling dapat digunakan untuk membuat para peserta didik memahami makna ilmu yang baru dipelajari.
2. Gradebook
Fitur ini untuk membuat catatan nilai yang terorganisir dengan cepat. Selain itu, guru juga dapat dengan mudah menambahkan periode penilaian pada Progress Book, menambahkan tugas dan nilai menggunakan komputer, bahkan juga memantau nilai-nilai dari setiap peserta didik. Data yang terorganisir juga membuat guru lebih mudah memantau progress belajar, kemajuan dalam proses belajar, serta peringkat peserta didik di sebuah kelas.
3. File and Links
Fitur ini berfungsi untuk mengirimkan note dengan lampiran file dan link. Biasanya file tersebut ber-ekstensi .doc, .ppt, .xls, .pdf dan lain-lain. Ketika menjelaskan sesuatu, tak jarang guru membutuhkan tambahan materi berupa gambar atau bagan agar peserta didik dapat lebih memahami pelajaran yang diberikan. Disinilah gunanya fitur File dan Links yang ada pada Edmodo. Guru dapat mengunggah gambar, video, teks, atau apapun yang dapat meningkatkan motivasi atau pemahaman peserta didik ketika belajar. Sekali tersimpan di dalam Edmodo, maka guru dapat mengunggahnya agar dapat dilihat peserta didik. Namun, jika tambahan materi tersebut masih berada di dalam website dan ukurannya cukup besar untuk diunduh, guru dapat memberikan link yang dapat diakses peserta didik.
4. Quiz
Dengan edmodo, quiz pun terasa lebih menarik, karena guru dapat membuat sebuah quiz dengan menyisipkan gambar atau bahkan video sebagai bahan pelengkap pertanyaan. Guru juga dapat menyimpan pertanyaan dalam Library dapat digunakan lagi di kelas selanjutnya dimasa yang akan datang. Setelah mengerjakan quiz, peserta didik pun dapat mengetahui hasilnya dengan cepat dan dapat melakukan remedial quiz jika nilainya belum tuntas.
5. Library
Fungsi dari fitur ini adalah dapat mengunggah bahan ajar seperti materi, presentasi, gambar, video, sumber referensi, dan lain sebagainya. Hal ini memungkinkan guru untuk  menyimpan berbagai file dan link yang dimiliki oleh guru maupun peserta didik. Hebatnya lagi, Library Edmodo menyediakan kapasitas unlimited yang membuat setiap guru dapat menyimpan, mengurutkan, membagi, dan mengorganisir berbagai macam dokumen, link, referensi dan sumber belajar lainnya hanya dalam satu akun. Dokumen yang telah tersimpan dalam Library virtual ini dapat diakses dimanapun dan kapanpun serta dapat dibagikan dengan guru-guru lainnya.
6. Assignment
Salah satu kelebihan fitur ini adalah waktu deadline, fitur attach file yang memungkinkan peserta didik untuk mengirimkan tugas secara langsung kepada guru dalam bentuk file document (pdf, doc, xls, ppt), dan juga tombol “Turn in” pada kiriman assignment yang menandai bahwa peserta didik telah menyelesaikan tugasnya. Keunggulan lainnya adalah file-file tugas yang sudah diberikan sebelumnya dapat diberikan kepada peserta didik di periode berikutnya. File-file ini bisa disimpan di Library untuk digunakan kembali, sehingga tidak terbuang atau tercecer begitu saja. Sesama guru juga dapat saling berbagi materi tugas yang diberikan pada peserta didik sehingga tugas lebih bervariasi.
7. Award Badge
Badge ini menjadi motivasi bagi peserta didik untuk mengerjakan berbagai tugas yang diberikan oleh guru. Adanya penghargaan membuat peserta didik lebih bersemangat untuk mengerjakan sesuatu. Guru pun dapat memberikan badge untuk beberapa peserta didik sekaligus. 
8. Parent Code
Peserta didik yang mendaftar di edmodo otomatis akan mendapatkan sebuah Parent Code unik yang dapat digunakan oleh orang tuanya untuk juga membuat akun khusus orang tua. Orang tua hanya membutuhkan satu Parent Account, yang dapat memantau semua grup yang diikuti oleh anak-anaknya. Dengan fitur ini, orang tua murid dapat memantau aktifitas belajar yang dilakukan anak-anak mereka. 
Thanks so much for SEAMEO yang mengenalkan EDMODO pada saya…
Kepada semua website di daftar pustaka, lamannya sangat menginspirasi saya untuk mengeksplore EDMODO lebih jauh lagi…
Presentasi dapat dilihat di Youtube dengan link :

Daftar Pustaka



















Tentang Penulis
Popo, nama panggilan penulis yang bernama asli Verastuty. Penulis adalah seorang guru yang bertugas di SMAN 14 Padang, Sumatera Barat. Penulis lahir di Jakarta, tanggal 18 Februari 1979. Dengan Ibu keturunan Betawi asli dan Ayah keturunan Rang Minang, tepatnya Pesisir Selatan. Sejak mbrojol hingga tamat SMA penulis melaluinya di Jakarta bersama keluarga besar Betawi. Menamatkan SMAN 46 Jakarta, SMPN 86 Jakarta, dan SDN 01 Gandaria Selatan, Jakarta.
Menyelesaikan S1 di Universitas Andalas Fakultas Sastra, Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris pada tahun 2003. Pada tahun 2015 menyelesaikan S2 Jurusan Ilmu Komputer. Pekerjaan yang pernah dijalani adalah guru TK Bunga Tanjung pada tahun 1999 - 2001, guru Bahasa Inggris di SDN 14 Gurun Laweh pada tahun 2004 - 2007. Pada tahun 2003 mulai mengajar Bahasa Jepang di SMKN 9 Padang. Tahun 2004 di sekolah yang sama, selain mengajar Bahasa Jepang, penulis juga mengajar Front office dan English for Special Course hingga tahun 2007. Sejak Juli 2006 sampai dengan Januari 2009, penulis mengajar Bahasa Jepang di SMA Semen Padang. Mulai Februari 2009 hingga sekarang bertugas mengajar Bahasa Inggris di SMAN 14 Padang.

Comments

Popular Posts